Selasa, 05 Juni 2012

pengaruh dan peranan IPTEK


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat berhubungan erat, dapat dikatakan bahwa teknologi adalah terapan dari ilmu pengetahuan untuk memenuhi suatu kebutuhan. Perkembangan IPTEK yang begitu pesat mempunyai pengaruh langsung pada kehidupan manusia. Hal ini secara langsung menyangkut sendi - sendi kehidupan manusia dan lambat laun telah menjadi keterlibatan bersama. Pada akhirnya menentukan hidup matinya umat manusia di Bumi.
Sebagai contoh, salah satu konflik dunia yang paling menghebohkan untuk saat ini adalah konflik yang terjadi antara India dan Pakistan dalam memperebutkan wilayah Kashmir. Disebut paling menghebohkan, karena konflik - yang pada tahun 1948, 1965, dan 1975 menyebabkan perang terbuka di antara kedua negara ini melibatkan upaya – upaya kedua negara dalam mengembangkan salah satu teknologi terhebat dunia saat ini, yaitu nuklir. Perlombaan persenjataan nuklir India – Pakistan ini menimbulkan kekhawatiran mendalam tentang kemungkinan perang nuklir, yang tidak saja dapat menghancurkan kedua negara, tetapi juga mencelakakan Asia Selatan maupun dunia.
Kejadian di atas adalah salah satu dampak buruk dari pengembangan ilmu pengetahuan yang menghasilkan teknologi. Melihat permasalah tersebut, penulis mengangkat tema “ Peranana dan pengaruh IPTEK terhadap pemenuhan kebutuhan manusia” dalam makalah ini untuk mengetahui peranan dan pengaruh IPTEK tersebut.





2.1. Rumusan Masalah
1. Apakah peranan IPTEK dalam penuhan kebutuhan manusia ?
2. Apakah pengaruh IPTEK dalam penuhan kebutuhan manusia ?
3.1. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui peranan IPTEK dalam pemenuhan kebutuhan manusia.
2. Untuk mengetahui pengaruh IPTEK dalam penuhan kebutuhan manusia.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Peranan IPTEK Dalam Pemenuhan Kebutuhan Manusia
Perkembangan sejarah manusia selalu diwarnai oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melingkupinya. Hal ini tentunya berbanding lurus dengan upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, dan teknologi adalah sarana yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, bukan saja membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Lebih jauh, ilmu pengetahuan dan teknologi berhasil mendatangkan kemudahan hidup bagi manusia. Bendungan, kalkulator, mesin cuci, kompor gas, kulkas, OHP, slide, TV, tape recorder, telephon, komputer, satelit, pesawat terbang, merupakan produk-produk teknologi yang, bukan saja membantu manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi membuat hidup manusia semakin mudah.
Melalui sejarah perkembangan teknologi dapat ditelususri, perkembangan teknologi transportasi seperti, mobil, kereta apai, pesawat terbang, dan sarana penerbangan lainnya. Selanjutnya perhatian manusia pada teknologi komunikasi yang ditunjang oleh teknologi elektronika, industri kimia, perkembangan penggunaan sinar - X yang mengakibatkan revolusi dalam bidang kesehatan.
Dalam penyediaan pangan, teknologi pertanian berkembang mulai dari pengolahan lahan pertanian. Dahulu pengolahan tanah menggunakan tenaga manusia dan hewan, lambat laun dengan sentuhan teknologi mesin, tenaga hewan dan manusia berkurang, dan hasil olahan dengan mesin lebih cepat dan hemat. Dalam peningkatan produksi melalui pemupukan yang dahulu menggunakan pupuk alami kemudian menggunakan pupuk organik maupun anorganikbuatan pabrik seperti, pupuk urea, TSP, dan pupuk ZA. Teknologi hujan buatan ditujukan untuk mengatasi kekeringan disuatu wilayahuntuk mengatasi gagal panen.
Untuk penyediaan sandang, sains dan teknologi dikembangkan mulai dari penemuan dan peningkatan jumlah bahan baku untuk tekstil. Semula bahan sandang dihasilkan dari serat alami seperti kapas, wol, dan sutra, namun sekarang para ahli kimia mampu menemukan bahan serat sintetis menjadi polimer sintetis seperti nilon, tetoron, rayon dll.
Berkembangnya peralatan untuk membantu pekerjaan dalam bidang penyakit dan kesehatan seperti, stetoskop, mikroskop, teknologi rontgen, teknologi transpalansi organ dan jaringan telah berhasil meningkatkan taraf kesehatan manusia. Penelitian jenis virus penyebab penyakit yang dilanjutkan dengan penemuan vaksin, akan membantu manusia terhindar dan lebih memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.
Berkaitan dengan kehidupan manusia, maka untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, papan dan kesehatan, tidak bisa dilepaskan dengan kesediaan energi dan perkembangan industri. Perkembangan sains dan teknologi dalam penyediaan enrgi terus dilakukan.
Manfaat-manfaat inilah yang mula-mula menjadi tujuan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan hingga menghasilkan teknologi. Mulai dari teknologi manusia purba yang paling sederhana berupa kapak dan alat-alat sederhana lainnya. Sampai teknologi modern saat ini, yang perkembangannya jauh lebih pesat dari perkembangan teknologi sebelumnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sanggup membawa berkah bagi umat manusia berupa kemudahan-kemudahan hidup, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam benak manusia.

2.2. Pengaruh IPTEK Dalam Pemenuhan Kebutuhan Manusia
Perkembangan IPTEK pada dasarnya adalah bertujuan untuk membantu manusia memperoleh kemudahan, kemakmuran, kesejahteraan, dan kenyamanan dalam mengarungi kehidupan kesehariaan. Namun demikian perkembangan IPTEK juga menimbulkan dampak negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia dari sisi yang lain.
Dalam penyediaan pangan, dampak positif sentuhan IPTEK sangat dirasakan manusia seperti produksi meningkat, efisiensi, kenyamanan bekerja dan kesejahteraan yang meningkat. Dengan digunakan suatu produk teknologi maka muncul persoalan bahan bakar yang meningkat, adanya pencemaran lahan, pertanian akibat residu/sisa yang ditinggalkan. Penggunaan pupuk , pestisida dapat berakibat pencemaran lingkungan karena dapat membunuh ternak atau manusia.
Sentuhan IPTEK di bidang sandang sangat membantu peradaban manusia. Dengan sentuhan teknologi mesin, bahan sintetis bisa dibuat, teknologi polimer bisa terwujud. Dengan serat sintetis orang dengan sangat mudah memperoleh bahan tekstil dalam juml;ah yang banyakdan dengan waktu yang sikat. Dampak negatif dari sentuhan Iptek dalam sandang, sangat terkait dengan polimer sintetis, yaitu bahwa bahan - bahan berupa polimer sintetis seperti plastik yang cenderung menimbulkan pencemaran tanah.
Perkembangan IPTEK dalam penyediaan rumah sangat jelas kemajuan dan perkembangannya. Untuk membuat bangunan yang super besar dan mewah diperlukan bahan bangunan seperti kayu yang digunakan dalam bangunan maupun persiapan membangun. Dalam penyediaan bahan - bahan tersebut diperlukan mesin - mesin pembabat hutan. Akibat penggunaan kayu yang terus meningkat maka penebangan terhadap hutan dilakukan secara besar - besaran sehingga muncul akibat buruk yang berantai yaitu, bahaya banjir, erosi pendangkalan sungai, kematian sumber air bahkan terjadi perubahan cuaca di suatu tempat.
Dampak perkembangan IPTEK terhadap transportasi, komunikasi dan informasi makin dirasakan umat manusia. Perkembangan kendaraan bermotor dengan berbagai fasilitas dan kenyamanan yang dirancang menyebabkan manusia semakin menikmati berkendaraan. Namun demikian, kemajuan transportasi tidak selamanya membawa kemudahan dalam hidup umat manusia, karena ada dampak negatif yang ditimbulkan, seperti : a. Makin meningkatnya kendaraan bermotor berarti ada kecenderungan semakin meningkatnya kecelakaan, kebisingan, pencemaran udara, serta meningkatnya kebutuhan bahan bakar ; b. makin banyak kendaraan bermotor semakin banyak diperlukan jalan baru akan menggeser penggunaan lahan pertanian.
Perlahan tapi pasti, tujuan mulia ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membantu manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, mengalami pergeseran. Teknologi yang sejatinya hanyalah sarana dan alat bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, berubah menjadi sesuatu yang diberhalakan. Padahal, seharusnya ilmu dan teknologi hanya sebagai alat dalam kehidupan, bukan sebagai gantungan atau andalan dalam kehidupan. Amien Rais menggambarkan, bahwa ada kecenderungan manusia modern untuk mengagung-agungkan atau menyembah ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pandangan manusia modern, IPTEK adalah means everything, segala-galanya. Solah-olah, di tangan IPTEK-lah kesejahteraan manusia masa depan akan digantungkan.
Lebih lanjut, pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, bahkan mengancam kelestarian bumi sebagai tempat pijak manusia. Perlombaan senjata nuklir yang belakangan ini semakin marak makin menambah daftar negatif perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pengembangan senjata nuklir yang semula untuk tujuan mulia kemanusiaan, malah menciptakan ancaman maha besar bagi kelanjutan peradaban manusia.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ibarat pisau belati. Jika dipakai orang baik, akan menciptakan kemakmuran bagi manusia. Sebaliknya jika dipakai orang jahat, akan menciptakan bencana kemanusiaan yang lebih dahsyat. Jenis kedua inilah yang sekarang tengah terjadi pada dunia. Akhirnya, ilmu pengetahuan yang seharusnya membebaskan manusia dari pekerjaan yang melelahkan spiritual, malah menjadikan manusia sebagai budak-budak mesin. Jadi semua pengaruh tersebut dapat diatasi oleh moral manusia atau pengguna itu sendiri, apakah digunakan untuk tujuan baik atau tujuan tidak baik yang dapat merugikan orang lain.

BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, bukan saja membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Lebih jauh, ilmu pengetahuan dan teknologi berhasil mendatangkan kemudahan hidup bagi manusia. Bendungan, kalkulator, mesin cuci, kompor gas, kulkas, OHP, slide, TV, tape recorder, telephon, komputer, satelit, pesawat terbang, merupakan produk-produk teknologi yang, bukan saja membantu manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi membuat hidup manusia semakin mudah. Namun demikian perkembangan IPTEK juga menimbulkan dampak negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia dari sisi yang lain. Jadi semua pengaruh tersebut dapat diatasi oleh moral manusia atau pengguna itu sendiri, apakah digunakan untuk tujuan baik atau tujuan tidak baik yang dapat merugikan orang lain.
3.2. Saran
Jadi dalam menyikapi perkembangan IPTEK di zaman ini maupun di zaman yang akan datang maka perlu suatu penyiapan SDM, terutama generasi penerus harus lebih matang dan berkualitas. Melalui komunikasi langsung atau media, kita memberitahukan cara menyikapi perkembangan IPTEK tersebut, karena jika mampu menggunakan dengan baik dan benar sesuai kebutuhan, maka IPTEK sangat memberi kemudahan dan kenyamanan, begitupun sebaliknya. Sehingga cara berfikir dan berprilaku yang harus kita kembangkan adalah pengendalian diri, mencintai dan menyayangi manusia, air, tanah, tumbuhan dan hewan sehingga menyadari bumi ini cuma satu sebagai rumah kita bersama.


DAFTAR PUSTAKA
Putu Arnyana, Ida Bagus, dkk . 2005. Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ). Unit MPK      ( MKU ) Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar